olahraga untuk semua...

"Olahraga telah membuktikan sejarahnya tersendiri. Ditempat yang dulu memiliki keputusasaan, olahraga, terbukti mampu menciptakan harapan"
(Nelson Mandela)
[ Pembebas politik apartheid dan Presiden Afrika Selatan]


Piala Dunia kali ini akan digelar di negara Afrika untuk kali pertama. Dan Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah bagi peristiwa akbar empat tahunan itu. Laga pertama nanti kita akan menyaksikan pertandingan pembuka dari benua Afrika yakni Afrika Selatan melawan tim Benua Amerika tepatnya Amerika Utara; Mexico. Pertandingan antara negeri utara melawan negeri selatan katakanlah begitu.

Negeri utara yang sarat dengan kemajuan teknologi tingkat tinggi itu mempertaruhkan gengsinya dalam ajang bergengsi sepakbola sejagat. Mereka harus mampu menaklukan tim dari selatan yang cukup jauh tertinggal dalam bidang teknologi. Tentu saja sepakbola bukan ajang untuk menguasai teknologi canggih. Sepakbola justru "terkesan" menghindar terhadap penggunaan teknologi yang kelewat canggih itu. Walau, tak bisa dipungkiri bahwa hal itu juga penting bagi kemajuan sepakbola dunia yang masih terbatas pada kemampuan manusia semata di lapangan. Para pemain dan para wasit, hanya mereka itulah yang saling bergumul di lapangan.




Ajang ini menjadi amat menarik, karena selain Afrika Selatan sebagai benua Afrika yang pertama mempertontonkan olahraga yang paling diminati diseluruh dunia, juga karena seorang Presidennya yang sangat berpengaruh bagi sejarah negerinya sendiri dan juga cukup berpengaruh bagi dunia ; Nelson Mandela. Ya, Nelson Mandela Sang Pembebas Politik Aparheid; Sang Pembebas dan Pejuang dari politik yang membedakan-bedakan ras kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan dulunya.

Disinilah yang menarik, ditambah lagi dengan presiden Mandela yang amat menggemari sepakbola tentunya. Lengkap sudah. Dan kita akan melihat bagaimana tim ini akan melenggang terus membuktikan kemampuannya sebagai tuan rumah dan tim yang patut diperhitungkan kali ini. Oh, iya ada berita terakhir bahwa salah seorang cicit Mandela mengalami kecelakaan menjelang partai pembukaan ini. Mandela juga masih diragukan apakah bisa membuka ajang piala dunia kali ini dengan usianya yang sudah sangat sepuh dan berita kecelakaan cicitnya ini.

Dan kita, di negeri yang juga bisa dikatakan negeri selatan ini, memandang saja dari layar kaca dengan tenangnya dan antengnya. Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung terbentang pada hamparan khayalan sesama negeri selatan; negeri terbelakang jika dibandingkan dengan negeri-negeri utara. Mari kita nikmati suguhan yang menarik ini. Dan untuk tim nasional Indonesia yang kita banggakan itu haruslah terus berbenah dan belajar lebih baik lagi dari negeri selatan Afrika ini yakni; Afrika Selatan. VIVA WORLD CUP 2010...

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.